1 2 3 4

Kali ini saya akan posting tentang tips mempercantik BlogTutorial Flash - Membuat Animasi Tulisan, Bagaimana sih tutorial dan pasang animasi flash di blog. Pertama saya akan membahas tentang  bagaimana membuat animasi flash menggunakan program Swish Max.

Membuat Animasi Flash dengan Program Swishmax

  1. Buka program Swish Max
  2. Klik menu Modify lalu pilih Movie Properties
    Kemudian ubah pixel (width & height) sesuai dengan keinginan anda. Karena disini saya akan memasang animasi flash pada widget blog saya yang lebarnya 265 pixel, maka saya sesuaikan pada animasi flash yang akan saya buat, width 265 dan heightnya saya set jadi 75 pixel. Background color #310397.
  3. Lalu buat tulisan menggunakan text tool, disini saya tulis “Selamat Datang Di” dan “Mustguzz Blog” Lebih jelasnya lihat gambar dibawah:
    Keterangan gambar:
    1. Pada kotak warna merah, anda bisa merubah properties font (tulisan), ukuran, warna, spasi, nama fontnya dsb.
    2. Pada kotak warna ungu, itu adalah panel menu “Timeline”, scene dan layer si objek animasi.
    3. Pada kotak warna hijau, itu adalah panel menu tool yang merupakan alat kerja anda.
  4. Selanjutnya kita akan mulai membuat efek animasi pada text tersebut. Klik menu “Add Effect” yang ada disebelah panel menu “Timeline” (pojok kiri atas). Pilih Looping continuously, lalu pilih pilihan efek yang anda suka.
    Pada kotak warna merah, adalah properties dari si efek yang anda pilih (klik ctrl+enter untuk melihat preview animasi). Perhatikan juga panjang/ lama waktu timeline si efek (kotak warna ungu), klik dan tarik garis efek kekanan menurut urutan panjang timelinenya untuk menentukan lamanya animasi.
  5. Lakukan hal yang sama pada text/ tulisan lainnya untuk membuat efek animasi.
  6. Setelah selesai dengan projek anda, klik file lalu pilih save untuk menyimpan projeknya.
  7. Klik file lalu pilih export SWF, untuk menjadikan file flashnya (.swf).

Upload dan pasang animasi flash di Blog

Cara Pasang Flash di WordPress

  1. didalam dashboard pilih menu Media lalu add new
    Pilih file swf yang akan diupload, lalu upload. Setelah proses upload jangan disave dahulu, copy alamat URL file flash.swf tersebut ke notepad (keterangan gambar: kotak warna ungu). Lalu klik save all changes
    • Sekarang masuk menu Appearance Widgets. Pilih text widget lalu tarik/ simpan di sidebar Blog.
    • Copy script ini ke text widget Blog anda:
      <object classid=”clsid:d27cdb6e-ae6d-11cf-96b8-444553540000″ width=”270” height=”75” codebase=”http://download.macromedia.com/pub/shockwave/cabs/flash/swflash.cab#version=6,0,40,0″><param name=”src” value=”http://aguswijanarko.com/wp-content/uploads/2011/10/mustguzzBlog.swf” /><embed type=”application/x-shockwave-flash” width=”270” height=”75” src=”http://aguswijanarko.com/wp-content/uploads/2011/10/mustguzzBlog.swf“></embed></object>
      keterangan script: ubah value width & height pada script agar sesuai dengan value width & height file flash.swf anda (tulisan warna merah). Dan ubah juga src URL file flash.swf yang anda paste di notepad tadi (tulisan warna merah). Lalu Save.

Cara Pasang Flash di Blogspot

Nah bedanya kalau di Blogspot kita harus menggunakan hosting pihak kedua sebagai tempat penyimpanan file Flash.swf kita. Anda bisa search di google tempat hosting flash yang gratis, banyak kok. Setelah selesai upload, ganti src URL file flash.swf dengan file.swf yang sudah anda upload di hosting tersebut.

Sekarang preview blog anda, apakah file flash.swf tersebut sudah terpasang. Jika sudah (naaah mantabb kan). Oya silahkan mencoba efek efek animasi pada swishmax lainnya. Anda juga bisa menambahkan banyaknya layer dan scene agar animasi flash anda lebih powerfull lagi. Selamat berkreatifitas dan bereksplorisasi ria dengan Tutorial Flash - Membuat Animasi Tulisan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner